Subscribe

RSS Feed (xml)

;

Senin, 15 Juni 2009

Maintenance sendiri Ku-Band Modem DW 7000


Palapa C2 & Antena Ku-Band




Apakah saat ini kamu memakai internet Ku-Band, atau apalah namanya itu pokoknya yang sejenis Ku-band.....,Kalo ya apakah kamu saat ini sedang mengalami masalah dengan Ku-band tersebut...........?


Kalo mungkin kamu saat ini sedang ada masalah dengan lambatnya internet Ku-band kamu, mungkin disini aku bisa sedikit membantu, karena saya juga pernah mengalaminnya dan ini pengalaman saya, namun sebelumnya liat dulu Sqf-nya, yakni dengan cara buka Command Prompt. kmetikkanm disitu [telnet<>192.168.0.1<>1953. tekan [Enter]. tekan [C]. tekan [D]. (perhatian 1953 untuk modem DW 7000 Hughes, untuk modem-modem lainnya mengikuti ketentuan tersendiri, tanda <> utuk spasi. Mungkin SQF anda turun atau down, tapi perlu diingat SQF bisa tidak sama, hal ini dikarenakan karena Satelit Ku-band ini sangat sensitif terhadap cuaca Extrim (mendung,hujan maupun keadaan buru lainnya), bisa saja ditempat saya SQF nya UP tapi tempat anda Down atau sebaliknnya, namun jika cuaca sudah bagus cerah tapi SQF tetap down juga sehingga proses loading broswer jadi lambat, atau download/apploadnya lama banget, ini perlu dicurigai mungkin ada gangguan system di Hapnya atau perangkatnnya.


Saya akan berikan pengalaman saya tentang ini, coba lakukan hal-hal seperti ini :

Baik mari kita kupas satu-satu tahapan diatas, munkin dapat membatu anda


1. Menghubungi Customer service, ini dilakukan untuk melaporkan keadaan di tempat anda, biasanya akan ditanya mengenai apakah Download/Appload ditempat anda lambat atau tidak, atau apakah ada masalah dengan modem anda Systemnya apakah berjalan baik apa tidak, jika CS (customer service) mengatakan tak ada masalah di HAP, kemungkinan ada masalah di tempat anda, mungkin perangkatnnya bisa juga Kompiuter yang anda gunakan.



2. Membuka menu command prompt, ini untuk memastikan berapa Sqf ataupun Signal Strigh yang didapatkan, setelah menu command prompt terbuka ketikkan "telnet 192.168.0.1 1953", kenapa pake 1953 ini merupakan pasword untuk masuk modem DW 7000 Hughes, setelah itu tekan "ENTER" lalu c, lalu d", Lihat bagian kiri layar command prompt anda berapa Sqf yang didapat. Lihat gambar-gambar berikut :
Enter c



telnet 192.168.0.1 1953 c



Enter
d SQF


3. Cek Reflektor atau Disch. Jika ada kotoran atau debu bahkan lumut di Reflektor maka hal ini akan menggangu kelancaran signal yang diterima maupun yang dipancarkan oleh perangkat, karena pada dasarnya sebuah antena itu akan menerima signal dan akan meneruskan siknal atau memancarkannya, namun jika banyak kotornan baik itu debu, Lumut, ataupun daun-daunan yang jatuh kereflektor akan menggangu kinerjannya. Dan apa yang harus dilakukan, Cuci/bersihkan reflektor tersebut sehingga bersih kembali, namun perlu diingat hati-hati dalam membersihkannya, jangan sampai merubah posisi dari arah antena, karena hal ini akan merubah arah dari satelit.




4. Periksa Feedhoren apakah ada airnya atau tidak. Terkadang Feedhorn setelah lama diinstal didalamnya terdapat titik-titik air ataupun bahkan air yang berada didalamnya mungkin waktu teknisi menginstalnya tidak diberikan lapisan Rubber tape/Silikon/silent. Cara mengatasoinnya yakni dengan membuka feedhorn tersebut dan mengeringkannya dan memasang kembali. Ingat : sebelumnya matikan modem terlebih dahulu, Melihatnnya dengan menengok bagian bawah feedhorn yang terlihat ada membran(mika plastik). setelah terlihat ada air bukalah feedhorn tersebut dengan kunci pas secara perlahan-lahan jangan sampai merobek membran itu sendiri, keringkan dengan lap atau hairdrayer, setelah itu pasang kembali jangan lupa memberikan lapisan rubbertape kalo tak ada cukup dengan silen kaca, memutar dan rata.


5. Lihat konektor-konektor yang menghubungkan modem Sat In/Sat Out (Tx,Rx) pada modem yang terhubung ke antena Lnb/Odu kendor apakah tidak, dengan cara memutar kekanan jika ternyata kendor cobalah untuk mengencangkan, dan lihat pula kabel LAN/UTP terpasang baik apa tidak (jika anda menggunakan LAN), Periksalah Wireless jika pakai Wireless



6. Bukalah menu Command Prompt kembali untuk memastikan SQF nya sudah UP lagi, namun jika lagkah-langkah ini tak merubah Sqf anda, hubungilah CS anda agar di kirimkan Teknisi dan Teknisilah yang akan melakukan Maintenance. dan ini adalah hak anda untuk diberikan service.




Demikianlah sedikit cara untuk meningkatkan kembali SQF yang Down, Perlu diperhatikan, jika anda ragu-ragu untuk melakukan Maintenance sendiri ada baiknya anda menghubungi CS dan minta untuk dimaintenance, karena ditakutkan jika dimaintenance sendiri akan merubah arah dari antena Ku-band itu sendiri, maka akan mempengaruhi control dari hap ke tempat anda, dan akan merubah arah antena terhadap satelit, maka hal ini perlu dikerjakan oleh Ahlinnya. semoga hal ini bermanfaat bagi anda penikmat jaringan Ku-Band

















4 komentar:

Anonim mengatakan...

Info yang bagus. aq bingung nih joko mau komentar gmna, secara aq ga terlalu ngeh soal teknologi komunikasi itu.Hhehe Peace Bro ^_^ V

My Blog mengatakan...

Hehehe, Ga ngerti ga apa2 hif, di sini aq cuman mau berbagi aja kok, yg baca blog aku ga harus ngerti komunikasi, cukup bisa baca aja...Peace to :D

Alex L. Setiawan mengatakan...

@hif ..sama gak ngerti taunya kalau internet-an harus lancar aja..heheee

ditunggu bro..postingan postingan selanjutnya .. bermanfaat banget !

My Blog mengatakan...

Oc Thx juga commentnya

Queen-We are the champion

--------->Queen--We Are The Champion<------------